Blog e arek Mblitar..
ISLAM CORNER | HANDPHONE | WINDOWS TRICK | SEO | SOFTWARE | VIRUS | ISENG | CBOX TRICK | CSS TUTORIAL | HACKING | BLOGGING TIPS | INTERNET | HTML TUTORIAL |

Cara Menyelamatkan Blog Dari Google SANDBOX !!

Pengertian/Definisi Google Sandbox
Google sandbox adalah suatu istilah dimana web/blog/artikel di web/blog kita terkena penalti oleh pihak google. Penalti ini biasanya berupa penghapusan suatu url artikel kita dari indexing google atau penurunan rangking dalam SERP google secara signifikan dan secara tiba-tiba.

Banyak faktor yang dapat menyebabkan web/blog masuk ke dalam google sandbox, diantaranya : 
Pertama, begitu banyak dan cepat mendapatkan backlink inbound. Google secara otomatis menganggap hal tersebut tidak wajar dan biasanya dianggap spamming. Tapi selama masih wajar, hal itu tidak jadi masalah. Saya pribadi belum mengetahui secara pasti berapa jumlah backlink inbound yang didapat perhari yang masih dianggap wajar oleh google.Mencari backlink meskipun sedikit namun jika dilakukan secara continyu hal itu akan sangat baik (menurut saya).
Kedua, isi konten yang tidak cocok/relevan dengan judul dan deskripsi yang telah dibuat. Oleh karena itu setiap penulisan artikel diusahakan relevan dengan judul yang telah dibuat.
Ketiga, Keyword Stuffing yaitu menuliskan kata-kata keyword secara berlebihan dalam weblog kita (keyword secara berulang-ulang).
Perlu diperhatikan dengan seksama, jangan pernah membuat artikel yang hanya berisi hanya satu baris dalam web/blog. Apalagi hanya judul yang tanpa pengembangan yang relevan dari judul. banyak kita jumpai web/blog yang SEO nya berhasil namun ketika kita masuk halaman blog/web tersebut tidak ada penjelasan lebih detail mengenai judul yang telah dibuat.

Cara mengetahui blog yang masuk Google Sandbox atau tidak, dapat menggunakan cara ini. masuk ke pencarian google.co.id atau google.com, lalu isi form search dengan perintah seperti dibawah ini :

site:namadomain.com
Contoh : site:deevro22.blogspot.com

site:namadomain.com Hack Facebook (setelah nama domain diikuti judul posting)
Contoh : site:deevro22.blogspot.com Hack Facebook 

Cara pertama untuk adalah untuk cek domain blog secara keseluruhan, sementara  untuk yang kedua adalah untuk cek url tertentu dari postingan suatu blog. Jika url atau postingan masih ada dalam pencarian berarti tidak terjadi masalah. Akan tetapi jika mendadak url/postingan menghilang dari pencarian google, ada kemungkinan hal itu terkena Google Sandbox effect.

Cara cepat keluar dari Google Sandbox

Berdasarkan beberapa referensi yang saya cari agar blog cepat keluar dari google sandbox, dengan cara yang mudah dan sesuai dengan yang diharapkan, berikut adalah pemaparannya :
  • Pada postingan atau url yang terkena efek Google Sandbox, lakukanlah update tulisan pada artikel tersebut. Maksudnya, edit kembali tulisan atau postingan tersebut, tambahkan beberapa kata atau kalimat baru, kemudian publish kembali. jika memang ingin lebih baik lagi, alangkah baiknya jika benar-benar di update dan buat struktur baru dalam isi postingan tersebut.
  • Update postingan atau artikel baru, berisi inbound link mengarah pada artikel atau postingan yang terkena efek Google Sandbox.
  • Carilah backlink dari luar dan perhatikan kualitas backlink yang akan didapatkan, backlink yang menuju ke url artikel yang kena efek sandbox, cukup 3-5 backlink saja.
Tunggu beberapa jam kemudian, cek kembali menggunakan cara diatas, apakah url atau domain yang terkena google sandbox telah muncul kembali dalam pencarian Google. Cara diatas merupakan cara yang  pernah saya lakukan untuk keluar dari permasalahan ini, saya berharap hal ini jangan dijadikan sebagai patokan bahwa cara ini pasti akan berhasil. Karena terlalu banyak kemungkinan  yang tidak dapat kita duga jika berbicara masalah search engine Google. Apalagi jika berbicara masalah baca "Memahami Pentingnya SEO untuk Blog dan Web Anda" tentu akan menjadi perbincangan yang sangat menarik.

Artikel Cara Cepat Keluar Dari Google Sandbox ini tidak sepenuhnya benar dan pasti memiliki banyak kekurangan, jikalau ada yang mempunyai pengalaman yang lain, silakan untuk share dan mengungkapkannya di dalam komentar. saya ingin agar artikel ini bermanfaat bagi khalayak.


SELAMAT MENCOBA !!!

2 comments:

Mas Bugie said...

mas luqi , sampyan ki jane wis ngerti tapi koq kene' juga yo hehehe..sukses

deevro said...

ThnkZ mas,,
mtur swun,, ^_^

TULIS KOMENTAR ANDA..!!

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger